WHAT'S NEW?
Loading...

tips & trik merawat hardisk

Tips & Trik Merawat Hardisk - Hardisk Drive atau HDD adalah komponen Storage dari sebuah komputer. HDD merupakan bagian yang sangat penting dalam mekanisme sebuah komputer, tanpa ada nya HDD komputer tidak akan bisa berjalan dengan optimal.
Merawat HDD menjadi mutlak wajib nagi kita pengguna PC maupun laptop. Tanpa ada nya perawatan HDD tsb bisa mengalami bad sector bahkan bisa sampai matot alias mati total. Untuk itu kali ini saya akan berbagi tips & trik merawat hardisk yang simple.
Berikut adalah beberapa cara Merawat Harddisk yang baik dan benar :

  1. Pastikan Komputer/Laptop sobat terinstall Antivirus
    Antivirus berguna untuk menjaga data sobat dari serangan virus. Jangan lupa update rutin Antivirus Komputer/Laptop sobat.
  2. Defrag Secara Rutin
    Pastikan Komputer/Laptop sobat terdapat schedule defragment hardisk minimal 2 minggu sekali, supaya HDD sobat tetap tertata rapi.
  3. Install Aplikasi Utility
    Aplikasi utility ini berfungsi untuk membersihkan HDD sobat dari data-data yang tak berguna, seperti junk file, temporary file, unused shortcut, dll.
  4. Unsinstall Program
    Buang lah program-program yang sekira nya sobat kurang butuhkan. Hal ini bertujuan untuk menambah space HDD sobat.
  5. Jangan Berlebihan
    Dalam artian jangan menyimpan data terlalu penuh karena dapat megurangi kinerja HDD sobat. Minimal tersisa 5% dari kapasitas HDD sobat.
  6. Gunakan UPS atau Stavolt
    Hal ini bertujuan mengantisipasi gangguan pada listrik, seperti mati secara tiba-tiba atau tidak stabil nya tegangan listrik.
  7. Suhu
    Usahakan suhu HDD sobat tidak melebihi 42o. Usahakan pasang blower di HDD sobat, dan jangan lupa beri ventilasi yang baik.
  8. Backup Data
    Dan terakhir backup lah data-data penting sobat sebagai upaya pencegahan.
Sekian tips dan trik kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment