WHAT'S NEW?
Loading...

tips & trik merawat komputer

Tips & Trik merawat komputer - Di posting pertama saya, saya akan share mengenai tips & trik merawat komputer. Di zaman  serba modern ini siapa sih yang gak atu ama komputer? Hampir semua orang di dunia pasti tau dan bisa mengoperasikan nya. Namun sayang tak sedikit juga yang hanya bisa memakai dan tidak bisa merawat komputer itu sendiri.
Coba sobat bayangin kalo aja kita tidak bisa merawat atau memperbaiki problem pada komputer sobat. pasti sobat akan membawa komputer sobat ke tukang reparasi komputer untuk memperbaiki nya. pasti cukup menguras waktu dan menguras isi dompet juga pastinya.
Dari alasan di atas saya akan berbagi beberapa tips mudah untuk merawat komputer oleh sendiri. Berikut beberapa tips nya :

  1. Penataan Komputer
    Penataan Komputer ini cukup berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri. Jika komputer di tata serapih mungkin akan menciptakan ventilasi yang baik bagi Monitor dan CPU sobat. Karena jikja ventilasi di Monitor dan CPU sobat kurang baik maka akan mengakibatkan overheat, jika berlangsung cukup lama dapat mengurangi umur komputer sobat.
  2. Gunakan lah UPS atau Stavolt
    Penggunaan UPS ini bertujuan untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba karena dapat merusak Hardisk atau komponen lain. Jika sobat tidak mempunyai UPS segera lah membelinya untuk upaya pencegahan, tapi minimal gunakan Stavolt untuk mengantisipasi naik turun nya tegangan listrik.
  3. Bersihkan secara berkala
    Bersihkan bagian dalam CPU, motherboard dan perangkat periferal lain dari debu dan kotoran secara berkala. Jika bagian dalam CPU sobat kotor banyak debu akan mengurangi kinerja kipas-kipas yang ada dan mengakibtkan terjadinya overheat.
  4. Defrag Hardisk secara berkala
    Fungsi defrag sendiri adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write untuk mengurangi beban kerja hardisk.
  5. Instal Antivirus
    Fungsi dari antivirus sendiri adalah untuk mencegah dan mengahapus virus, malware, spyware, dkk yang merugikan system komputer sobat. Tapi jangan asal instal harus di update berkala juga agara database virus nya lebih lengkap.
  6. Instal Aplikasi Utility
    Dengan ada nya aplikasi utility kinerja komputer sobat menjadi lebih baik dan proses mun menjadi lebih ringan. Salah satu aplikasi utility yang saya anjurkan adalah tune up utilities 2012.

Sekian dulu postingan pertama saya semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment